SEJARAH

Dengan diundangkannya UU Nomor 1 Tahun 1992 tentang Pembentukan Kota Daerah TK. II Denpasar, maka Menteri Dalam Negeri secara resmi telah menetapkan lahirnya Daerah TK. II Kota Denpasar pada tanggal 27 Pebruari 1992, yang merupakan pemisahan dari Daerah TK. II Badung, dan melalui UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah TK. II Kota Denpasar telah menjadi Otonomi Daerah Penuh dengan sebutan Pemerintah Kota Denpasar.

Sejalan dengan lahirnya Pemerintah Kota Denpasar maka beberapa Instansi Vertikal seperti Kanwil Perindag, Kanwil Sosial, Kanwil Tenaga Kerja, Kanwil Penerangan dan Kanwil Dep. Koperasi UKM Prvinsi Bali juga merancang untuk membentuk kantor Departemen di Kota Denpasar. Khususnya Kanwil Dep. Koperasi UKM Provinsi Bali telah merintis pembentukan Kandep Koperasi UKM Kota Denpasar dengan sebutan “ Koordinator Pembina Koperasi UKM di Kota Denpasar ” dengan salah satu pertimbangan saat itu dari Jumlah Koperasi yang ada di Bali ( ± 715 ) sebanyak 60% berada di wilayah Kota Denpasar.

Lebih lanjut melalui UU No. 22 Tahun 1999 dengan Otonomi penuh untuk Kota Denpasar, maka sejak tahun itu mulai diadakan pembahasan masalah kelembagaan Pemerintah Kota Denpasar dan diiringi dengan menginventaris terhadap Prasarana, Personil, Pembiyaan dan Dokumentasi yang diisilahkan dengan P3D Provinsi yang diserahkan kepada Pemerintah Kota Denpasar.

Melalui Perda Kota Denpasar No. 13 Tahun 2001 tentang Pembentukan Organisasi Dinas Daerah Kota Denpasar salah satunya termasuk Dinas Koperasi PK dan M Kota Denpasar yang dipimpin oleh seorang Pelaksana Tugas (I Nyoman Pujana, SH) dengan menempati Gedung Kantor bekas Gudang RMU di Jl. DI Panjaitan Renon Denpasar.

Kemudian dengan SK. Walikota Denpasar Nomor 821.8/78/Kepeg telah dilantiknya Kepala Dinas difinitif (Drs. Si Putu Madra) sedangkan I Nyoman Pujana, SH dilantik sebagai Kepala Bidang Pemerintahan Badan Pengawas Daerah Kota Denpasar.

Pada tanggal 31 Desember 2004 Drs. Si Putu Madra memasuki usia pensiun dan ditunjuk Pelaksana Tugas Drs. I Ketut Dunia sampai dengan 20 Pebruari 2006 karena sudah dilantik Kepala Dinas difinitif An. Drs. A.A Ngurah Rai Iswara, M.Si sedangkan Drs. I Ketut Dunia sebagai Camat Denpasar Timur.

Pada tanggal 1 Juni 2009 Drs. A.A Ngurah Rai Iswara, M.Si  dilantik sebagai Sekretaris Daerah Kota Denpasar sedangkan Kepala Dinas Koperasi UK dan M secara difinitf belum terisi, dimana tugas dan wewenang dilimpahkan sementara kepada Plt Kepala Dinas Koperasi UK dan M yaitu Drs. I Made Susanta sampai memasuki usia pensiun.

Kemudian dengan SK Walikota Nomor:821.2/647/BKD  Tangal 16 September 2010 dilantik Kepala Dinas Koperasi UK dan M difinitif yaitu Luh Gede Hariasih, SH, M.Si sampai dengan pada tanggal 24 Desember 2014 karena yang bersangkutan di lantik menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan. Sedangkan untuk Kepala Dinas Koperasi UK dan M Kota Denpasar dijabat oleh Made Erwin Suryadarma Sena, SE, M.Si dengan SK Walikota Nomor: 821.22/240/BKPP tanggal 23 Desember 2014. 

Atas Perda Kota Denpasar Nomor : 8 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Dinas Koperasi UK dan M mengalami peningkatan tipe dinas dari tipe B menjadi tipe A. Karena hal tersebut Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Denpasar berubah nama menjadi Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Denpasar dengan penambahan satu bidang yakni bidang pengawasan.

Pada tanggal 31 Agustus 2021 Made Erwin Suryadarma Sena, SE, M.Si  memasuki masa purna bakti (pensiun) sedangkan untuk Kepala Dinas Koperasi UMKM secara difinitf belum terisi, dimana tugas dan wewenang dilimpahkan sementara kepada Plt Kepala Dinas Koperasi UMKM yang juga sebagai Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Denpasar  yaitu I Made Saryawan, SE.,M.Si.

Dr. I Dewa Made Agung, SE., M.Si

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Koperasi Usaha Kecil & Menengah, bermanfaat bagi Anda?